Goa Kreo Semarang, Tempat Petilasan Sunan Kalijaga.
September, 09 2015
rental mobil semarang waduk jatibarang

Goa Kreo dibuka menjadi tempat wisata pada tahun 2014. Goa kreo berada di kelurahan Kandri kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Anda memiliki beberapa alternatif jalan untuk menuju Goa Kreo, diantaranya yaitu dari arah boja (Kendal), Ungaran atau juga bisa melewati kawasan Universitas Negeri Semarang. Jalan menuju Goa Kreo ini sangat Asri karena Anda akan melewati jalanan yang masih tumbuh pohon-pohon besar disepanjang perjalanan dan letaknya yang jauh dari perkotaan membuat goa kreo menarik perhatian karena berada di kawasan perumahan warga. Untuk tiket masuknya pun cukup murah yaitu sekitar Rp5000,00 per orang.

Sejarah Goa Kreo

Dahulu ketika wali songo ingin membangun masjid agung di Demak, Sunan Kalijaga membawa kayu sebagai bahan bangunan untuk membangun masjid tersebut. Namun ketika di tengah perjalanan kayu tersebut tersangkut. Kemudian Sunan Kalijaga bertemu dengan empat monyet yang berwarna merah, kuning, hitam dan putih. Keempat monyet tersebut berniat membantu Sunan Kalijaga yang sedang berusaha mendapatkan kayunya kembali yang tersangkut. Namun kayu tersebut tidak juga bergeser. Akhirnya Sunan Kalijaga bertapa untuk meminta petunjuk kepada Tuhan disebuah Goa. Setelah selesai Sunan Kalijaga mencoba kembali untuk mengambil kayu yang tersangkut dengan cara memotong kayu menjadi 2. Setelah berhasil Sunan Kalijaga mengambil potongan kayu untuk dibawa. Kemudian keempat monyet tersebut ingin ikut bersama Sunan Kalijaga, akan tetapi tidak diperbolehkan. Keempat monyet tersebut mendapat amanah untuk menjaga potongan kayu yang lainnya. Oleh karena itu goa tersebut dinamakan Goa Kreo yang berasal dari kata “mangreho” atau “ngreho” yang memiliki arti jaga atau pelihara.

Fasilitas

Di tempat wisata Goa Kreo terdapat beberapa fasilita diantaranya yaitu mushola, toilet umum, tempat parkir yang luas, gazebo untuk santai. Selain itu semua disini juga terdapat warung – warung yang bereret rapi untu Anda beristirahat setelah berkeliling di Goa Kreo. Di goa Kreo juga banyak monyet yang dapat Anda temui jika beruntung. Monyet yang berada di Goa Kreo sudah tergolong jinak jadi Anda tak perlu takut jika tak sengaja bertemu monyet – monyet itu. Untuk menuju Goa Anda akan menemui puluhan anak tangga lalu melewati jembatan yang kokoh diatas waduk Jatibarang untuk sampai di mulut Goa.

Jika Anda merupakan wisatawan dari luar maupun dalam semarang, Anda bisa menghubungi Kami untuk membantu Anda menuju Goa Kreo. Kami menyediakan rental mobil daerah semarang dengan armada yang sesuai kebutuhan Anda yang telah kami sediakan dan dengan harga terjangkau.