Tips Mencegah Kabin Mobil Anda Terasa Panas Saat Melakukan Wisata
October, 23 2015
rental mobil semarang

Jika Anda ke Semarang pastilah tidak heran kondisi lingkungan yang panas diterik matahari pada siang hari apa lagi di musim kemarau yang membuat panas begitu menyengat. Dikala itu pula, membuat Anda tidak merasa nyaman ketika berkendara karena sampai membuat suhu kabin mobil Anda ikut meningkat padahal AC Anda masih menyala.

Kondisi ini membuat Anda kurang konsentrasi dan kepala terasa pusing apabila terus menerus dalam kondisi demikian. Sebenarnya ada beberapa tips yang anda dapat gunakan untuk mencegah terjadi kondisi kabin Anda terasa panas, seperti tips yang Jawa Rent Car Semarang buat berikut ini.

Periksa peredam pada kabin

Pemeriksaan ini dilakukan apabila ada suatu celah yang membuat AC anda tidak berfungsi secara maksimal. Udara panas akan masuk melalui celah tersebut karena ruangan Anda tidak kedap udara. Apabila ada celah segera tutup celah tersebut agar sirkulasi AC dapat bekerja dengan maksimal.

Pastikan interior dapat menyerap panas dengan baik

Perlu dipastikan pula interior yang dapat menyerap panas yaitu di bagian plafon yang ada tepat diatas kepala Anda. Plafon tersebut berbatasan langsung dengan bagian atas mobil yang membuat terik matahari dapat menembusnya maka dari itu pastikan plafon tersebut berfungsi secara optimal menyerap panas membuat panas dari luar tidak masuk kedalam kabin mobil Anda.

Dalam masalah ini Anda dapat menggantinyan dengan plafon yang lebih bagus sehingga panas dari luar tidak langsung masuk kedalam kabin mobil Anda. Salah satu yang bekerja dengan baik, contohnya merek MBTech buatan Jerman selain dapat menyerap panas, bahan yang digunakan juga tidak mnegeluarkan bau yang menyengat dan membuat Anda nyaman dalam berkendara.

Pakailah Kaca Film yang dapat menangkal sinar UV

Selain bagian interior, Kaca mobil juga sangat berpengaruh terhadap suhu mobil yang Anda pakai karena pancaran sinar UV matahari menembus maka dari itu Anda memerlukan kaca film yang dapat menangkal sinar tersebut. Memang sedikit lebih mahal dari yang biasanya akan tetapi demi kenyaman dan terlindung dari sinar UV yang berbahaya disaat Anda berkendara.

Parkirlah di tempat yang teduh

Apabila Anda ingin parkir, usahakan pilih tempat parkir yang terlindung dari terik panas matahari. Hal ini juga dapat membuat kualitas cat mobil dan kaca Anda tidak berkurang akibat panas dari sinar matahari. Apabila diparkir di tempat panas, suhu kabin mobil Anda akan melonjak panas, hal ini akan terasa saat Anda membuka pintu mobil Anda pertama kali atau Anda sedang didalam terasa  seperti sedang dioven.

Disaat Anda parkir juga pastikan membuka kaca sekitar satu centi untuk sirkulasi udara mobil Anda berjalan optimal. Hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah menutup kaca depan agar sinar matahari tidak langsung mengenai bagian jok dan dashboard Anda.

Demikian tips dari Jawa Rental Car Semarang cara mengatasi panas pada mobil Anda, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam berkendara yang aman dan nyaman.