Tips Mengendarai Mobil dengan Aman Pada Malam Hari
November, 27 2015
jawarentcar rental semarang

Aktifitas malam hari sering kali mengundang marabahaya dari tingginya tingkat kejahatan, kondisi tubuh mulai mengantuk, jarak pandang akibat gelapnya malam membuat Anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara menggunakan mobil.

Misalanya aktifitas pekerjaan membuat Anda harus selalu lembur dan mengejar dead line. Cara untuk mengejarnya Anda harus berangkat dan pulang pada malam hari. Dengan begitu Anda perlu menggunakan tips Jawa Rent Car untuk menghidari perkara buruk yang akan terjadi seperti berikut.

Cek Kondisi Mobil

Kondisi mobil adalah peran paling utama saat berkendara pada malam hari. Kondisi yang baik akan mempermudahkan Anda berkendara di malam hari terutama, kondisi lampu depan, lampu sen, lampu belakang dan lampu indikator lainnya. Sudut penerangan lampu depan juga harus diperhatikan agar sorot lampu dapat terarah menjadi jalan yang Anda lalui terlihat dengan jelas.

Dengan fasilitas umum yang mulai berkurang dan sepinya jalan yang dilalui Anda harus mandiri dalam menghadapi resiko yang terjadi pada mobil Anda. Tentunya demi langkah antisipasi peralatan seperti dongkrak, ban cadangan, dan lain sebagainya harus dibawa.

Bebas Narkotika, Alkohol dan Rokok

Sudah tau pasti apabila Anda menggunakan Narkotika dan alkohol yang membuat Anda tidak bisa fokus saat mengendarai mobil. Hal ini sangat riskan melihat banyak kecelakan disebabkan oleh efek mabuk yang diperoleh. Bagaimana dengan rokok? Rokok juga membuat penglihatan Anda bukan karena asap rokok yang keluar tapi efek dari nikotin dan karbondioksida.

Jaga Jarak antar Kendaraan

Dalam berkendara adalah syarat berkendara yang baik. Apalagi hal ini terjadi pada malam hari ketika jarak pandang mulai berkurang. Jarak yang perlu diperhatikan yaitu 2-3 panjang mobil agar dapat sewaktu-waktu Anda dapat siap menghadapinya apabila mobil didepannya melakukan rem mendadakan.

Gunakan dengan Bijak Lampu Jauh

penggunaan lampu jauh seringkali disalahgunakan untuk dipakai sebagai lampu utama mobil. Hal ini sangat berbahaya karena silau yang diakibatnya dapat membuat penglihatan kabur dan kurang fokus. Gunakan lah lampu jauh sebagai pengganyi klakson pada saat memberi tanda untuk menyelip atau melihat jarak yang jauh dipakai ketika kondisi sepi tanpa ada pengandara lain.

Parkir di tempat yang terang

Saat parkir mobil dihimbau jangan memilih tempat yang sepi dan kurang akan penerangan. Dengan begitu Anda mengurangi dampak terjadinya tindak kejahatan. Lebih baik Anda berhenti di Pom bensin atau minimarket didekat perjalan Anda yang dilalui.

Persiapkan Diri Anda

Persiapan yang diperlukan selain kondisi kesehatan Anda tetapi juga peralatan untuk bertahan ketika terjadi perampokan atau pembegalan dijalan. Entah semprotan merica, benda tajam atau yang lainya untuk bertahan dari serang pelaku.

Semua hal tersebut dapat berjalan lancar dan bebas hambatan apabila anda fokus, tenang, dan cermat. Begitulah tips Jawa Rent Car untuk Anda yang suka menjelajahi jalan raya diwaktu malam hari. Semoga bermanfaat dan selamat berkendara.