Goyang Lidah Ala Kuliner Kota Lumpia
September, 05 2015
rental mobil semarang

Semua orang pasti mempunyai kesibukan atau rutinitas yang mereka lakukan setiap waktu dan setiap hari. Namun, pastinya dalam waktu tertentu banyak di antara mereka yang ingin melepaskan rasa penat dan lelahnya dengan berjalan-jalan bersama teman-teman atau keluarga. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang berfikir untuk mengkonsumsi makanan yang disukai atau yang lebih tepatnya dengan berwisata kuliner ke suatu tempat populer.

Semua orang bisa saja berwisata kuliner di Kota Semarang yang tentu saja dikenal dengan sebutan Kota Lumpia. Dengan sebutan Kota Lumpia, bukan hanya lumpia saja yang menjadi makanan favorite di Semarang. Melainkan, Kota Semarang juga menyimpan segudang rekomendasi wisata kuliner yang bisa menggoyang lidah siapapun yang menikmatinya.

Dimana saja tempat kuliner di Kota Lumpia yang sangat di nanti oleh para pecinta kuliner di seluruh dunia ini? Telusuri di bawah ini, wisata kuliner Semarang yang paling favorit dan paling populer serta banyak di kenal orang.

  1. Tahu Gimbal

Makanan khas Semarang dengan bahan utama adalah tahu goreng dan gimbal. Gimbal adalah semacam bakwan goreng yang berisi udang. Tambahan gimbal inilah yang menjadi kuliner Semarang yang khas. Dilengkapi dengan rajangan kol, lontong, tauge dan telur goreng. Siraman sambal kacang yang gurih membuat rasa menu ini semakin sempurna.

Tidak sulit untuk mencari tahu gimbal di Kota Lumpia ini, karena banyak dijumpai di berbagai tempat. Salah satu tempat yang mudah untuk dikunjungi adalah di Taman Menteri Supeno, letaknya sangat dekat dengan kawasan Simpang Lima. Hanya dengan berjalan kaki 5 menit dari Simpang Lima, menu tahu gimbal nikmat langsung ditemukan. Tempat tersebutlah pusat tahu gimbal yang buka dari sore hingga malam hari. Tidak terlalu mahal, harga yang ditawarkan untuk sepiring tahu gimbal berkisar 15 ribu rupiah.

  1. Soto Semarang

Soto adalah makanan khas dimana hampir setiap daerah atau kota memiliki khas soto masing-masing. Bagi soto Kota Semarang, ciri khasnya adalah memiliki kuah yang bening. Soto Semarang juga terkenal akan kesegarannya karena selain berisi nasi dan kuah yang bening, soto Semarang juga dilengkapi dengan irisan kol atau tomat ke dalamnya. Sate kerang, sate ayam, tempe goreng dan perkedel  menambah ciri khas soto Semarang tersebut.

Mudah untuk mendapatkan menu ini di Kota Lumpia. Di berbagai tempat Kota Semarang dapat menjumpai berbagai warung Soto Semarang seperti Soto Pak No, Soto Bangkong, Soto Pak Man, Soto pak Darno, Soto Pak Mul dan masih banyak lagi. Harga tidak mahal, semangkuk Soto Semarang biasanya ditawarkan mulai dari 5 ribu sampai 10 ribu rupiah. Telusuri nikmatnya keragaman Soto Semarang di bawah ini;

     3. Soto Pak No

Memang sudah sangat sering sekali menjumpai warung atau rumah makan soto di Kota Semarang. Tapi akan berbeda dengan wisata kuliner Semarang yakni Soto Pak No yang sotonya sangat spesial. Sampai saat ini Soto Pak No banyak di cari para pecinta kuliner Kota Lumpia. Soto Pak No merupakan salah satu tempat makan dengan menu soto yang di favoritkan di Kota Semarang. Soto Pak No ini telah membuka 2 cabang yakni di jalan sukun no. 4 banyumanik, Semarang dan Jalan MH. Thamrin no. 28, Semarang.  Sesungguhnya isi dari Soto Pak No ini seperti pada umumnya, akan tetapi rahasianya terletak pada racikan rempah-rempah yang super lezat.

    4. Soto Bangkong

Soto bangkong yang mana ternyata soto ini adalah kuliner khas Kota Semarang yang sudah berdiri sejak tahun 1950 an. Soto bangkong dulunya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling yang sampai saat ini bisa menetap suatu tempat yang terletak di Jalan Brigjen Katamso (dahulu bernama Jalan Bangkong). Soto Semarang satu ini memiliki istimewa kepada para pecinta kuliner, sehingga masih bisa berdiri sampai saat ini. Beberapa bahan yang ada pada soto bangkong ini adalah bihun, irisan bawang, kuah, ayam suwir dan bawang goreng. Rasanya yang khas tentu akan menggoyang lidah para pecinta kuliner.  Selain soto, tempat kuliner ini biasanya juga menyajikan ayam goreng dan garang asam yang tak kalah enaknya.

    5. Mie Kopyok

Masih beralih ke wisata kuliner yang berkuah segar yaitu Mie Kopyok. Menu yang terkenal dengan kesegaran rasanya ini berisi campuran mie, irisan lontong, tahu pong dan taoge yang disedu dengan air panas. Taburan kerupuk gendar dan bumbu pelengkap lainnya menambah gurih yang siap menggoyangkan lidah. Ditambah lagi dengan kaldu bawang putih yang dikocok dari botol dan siap dituangkan dalam hidangan. Siapapun yang menikmati menu ini pasti akan merasakan kesegaran dan gurihnya yang selalu membuat ketagihan. Proses memasak mie yang dikopyok-kopyok membuat sebuatn menu spesial ini menjadi mie kopyok. Meskipun sesungguhnya membuat mie kopyok ini mudah dan sederhana, masih banyak orang Semarang membeli mie ini di salah satu penjual yang terkenal, Mie Kopyok Pak Dhuwur. Warung tenda sederhana ini bisa pecinta kuliner temukan di Jalan Tanjung, belakang kantor PLN Semarang. Harga tidak terlalu mahal, hanya cukup dengan uang kisaran 7 ribu sampai 10 ribu rupiah.

   6. Rumah Makan Asem Asem Koh Liem

Rumah makan ini menyajikan hidangan rumahan sederhana nan lezat. Menu yang disajikan seperti bandeng sarden, kikil lombok ijo dan lontong cap gomeh. Akan tetapi, ada sebuah menu andalan rumah makan tersebut yaitu asem-asem. Asem-asem itu sebenarnya mirip dengan garang asam yang biasanya dikenal. Hanya saja, kuliner satu ini memakai daging sapi potong dadu yang dimasukan ke dalam kuah manis asam segar. Rasa asam tersebut dihasilkan dari racikan belimbing wuluhdan potongan tomat. Bagi pecinta kuliner yang penasaran untuk ingin menikmatinya kesegaran asem-asem tersebut, bisa kunjungi Jalan Karang Anyar Kota Semarang.

   7. Restoran Pesta Keboen

Tempat kuliner di Kota Semarang yang berikutnya adalah sebuah tempat makan berkonsep jaman dulu yang dinamakan dengan Restoran Pesta Keboen. Resto yang terletak di Jalan Veteran 29, Semarang ini menampilkan suasana jaman dulu yang terlihat jelas. Hal itu terlihat dari bentuk bangunan sampai desain interiornya. Restoran Pesta Keboen ini memiliki area indoor dan outdoor, keduanya masing-masing menawarkan kelebihan. Outdoor menjadi tempat yang cocok bagi perokok dan senang melihat pemandangan luar. Sedangkan, indoor dapat memperlihatkan koleksi benda-benda antik yang dipajang rapi di dalam ruangan selagi menunggu pesanan makanan datang. Tempat wisata kuliner ini juga menyediakan beberapa fasilitas lain seperti arena permainan anak bagi keluarga yang datang dan live music.

    8. Rumah Makan Kampung Laut

Untuk mendapatkan suasana makan yang berbeda, pilihlah makan di saung-saung yang mengapung sekaligus menikmati pemandangan kolam pemancingan di sekitarnya. Rumah makan ini juga dilengkapi dengan arena permainan anak yang berisi wahana sederhana seperti ayunan, papan seluncur dan jungkat-jungkit. Dengan fasilitas tersebut, Rumah Makan Kampung Laut menjadi cocok untuk hidangan keluarga yang terletak di Jalan Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang.Bagi pecinta kuliner yang senang menikmati hidangan seafood, Rumah Makan Kampung Laut bisa manjadi salah satu pilihannya. Rumah makan ini memiliki kolam pemancingan di dalamnya, sehingga bagi pecinta kuliner yang mempunyai hobi memancing tentu hal ini akan sangat menyenangkan. Selain seafood, pecinta kuliner dapat memilih menu makanan yang lain seperti ayam dan juga iga sapi.

   9. Waroeng Semawis

Wisata kuliner semarang yang berikutnya adalah sebuah tempat yang biasa disebut juga pasar malam pemawis atau Pasar Semawis yang terletak di kawasan pecinan Semarang. Tempat wisata kuliner semarang yang hanya buka dimalam hari, lebih menarik yang hanya bisa dikunjungi pada hari jumat, sabtu dan minggu. Berbagai makanan oriental dan nusantara dihadirkan di wisata kuliner Semarang Waroeng Semawis tersebut. Tidak hanya wisata kuliner, di Pasar Semawis ini menawarkan dagangan pakaian dan mainan anak-anak. Sehingga, berwisata kuliner Semarang di Waroeng Semawis tidak hanya bisa makan enak, tetapi bisa sambil belanja dan menikmati nuansa pecinan.

    10. Pisang Plenet Ala Mbah Di

Bagi pecinta kuliner yang bukan orang Jawa pasti akan aneh mendengar kata plenet. Dalam bahasa Jawa, diplenet berarti dipenyet atau ditekan. Pisang plenet merupakan salah satu  makanan khas Semarang yang terkenal berada di Jalan Pemuda, tepatnya milik Mbah Di yang sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu. Pisang Plenet Mbah Di buka dari pukul 16.00 hingga pukul 23.00 WIB. Walaupun hanya gerobak kecil, pisang plenet Mbah Di ini saelalu ramai dikunjungi.

Cara membuat pisang plenet ini sangat mudah, pisang dibakar diatas bara api hingga layu dan berwarna kecoklatan, lalu diplenet menggunakan papan kecil seperti talenan. Pisang plenet ini disajikan dengan tiga pilihan rasa yaitu coklat, selai nanas dan gula putih bubuk. Harga cukup ekonomis, satu porsi pisang plenet ini seharga 4 ribu rupiah saja. Pisang plenet ini akan menggoyang lidah jika dimakan selagi panas. Dijamin ketagihan.

      11. Lumpia Gang Lombok Semarang

Lumpia menjadi makanan khas utama Kota Semarang yang mewarnai sebutannya dengan Kota Lumpia. Lumpia merupakan makanan khas Kota Semarang yang berasal dari Tionghoa. Jajanan yang terbuat dari lembaran tepung gandum tipis yang digunakan untuk kulit pembungkus dengan isian rebung, telur, irisan sayur segar, daging atau ditambah dengan makanan laut yang memiliki cita rasa khas.

Kota Semarang lekat dengan makanan lumpia memang menjadi sebuah wisata kuliner yang selalu menarik untuk dicicipi bagi pecinta kuliner yang datang. Sebagian besar pedagang lumpia di kota ini terpusat di Jalan Mataram dan Jalan Pemuda. Namun, ada salah satu pedagang yang selalu menjadi rujukan para pencinta kuliner yaitu Lumpia Gang Lombok.

Lumpia Gang Lombok adalah warung lunpia tertua. Warungnya terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitar Pasar Johar Semarang. Lumpia Gang Lombok menyediakan dua jenis lunpia yaitu basah dan goreng. Kulit lumpia terasa lembut dengan isian yang padat. Paduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau amis. Lumpia tersebut menggoyang lidah apabila dinikmati bersama saus dan daun bawang segar.

Kenikmatan Lumpia Gang Lombok bisa diperoleh oleh pecinta kuliner dengan satu harga lumpia hanya kisaran 10 ribu rupiah. Lumpia Gang Lombok ini buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Tetapi pada musim liburan atau akhir pekan, tidak jarang warung ini tutup sekitar jam 1 atau 2 siang karena banyaknya pecinta kuliner yang membeli.

      12. Bandeng Presto

Beralih ke pusat pemberlanjaan oleh-oleh setelah berkeliling mencicipi wisata kuliner Kota Semarang. Salah satu oleh-oleh terkenal dari Kota Lumpia ini banyak dijajakan di deretan toko sepanjang Jalan Pandanaran. Oleh-oleh yang terkenal ialan Bandeng Presto yang ikan bandeng dimasak dalam panci bertekanan tinggi (presto). Makanan itu dikemas dalam kemasan kedap udara, sehingga bandeng presto tersebut bisa awet berminggu-minggu jika disimpan dalam kulkas. Biasanya, bandeng presto ini digoreng begitu saja atau dibalut dengan telur untuk lebih gurih.

Kunjungi Wisata Kuliner Kota Lumpia, Nikmati Keunikan Rasanya

            Masih banyak tempat wisata kuliner Kota Lumpia yang pantas dikunjungi oleh pecinta kuliner selain beberapa makanan khas yang telah direview sebelumnya. Dengan banyaknya wisata kuliner di Kota Lumpia, pecinta kuliner bisa memilih mengendarai kendaraan pribadi atau menyewa mobil di tempat rental mobil untuk mengelilinginya dalam satu hari penuh. Kunjungi Kota Semarang, temukan sensasi Anda berwisata kuliner di Kota Lumpia.